Pengertian Pengelasan Adalah dan Macam Macam Jenis Pengelasan

Pengertian Pengelasan menurut DIN (Deutch Industrie Normen) las adalah suatu ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair. Dari definisi tersebut dapat dijabarkan lebih lanjut bahwa las adalah sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas.
pengelasan
Pada waktu ini telah dipergunakan lebih dari 40 jenis pengelasan termasuk pengelasan yang dilaksanakan dengan cara menekan dua logam yang disambung sehingga terjadi ikatan antara atom-atom molekul dari logam yang disambungkan.

Aplikasi Pengelasan :

- Jembatan
- Bidang Perkapalan
- Rangka Baja
- Boiler
- Rel
- Tangki
- Pressure Vessel

Berdasarkan klasifikasi ini pengelasan dapat dibagi dalam tiga kelas utama yaitu : pengelasan cair, pengelasan tekan dan pematrian.

Pengertian Pengelasan Adalah :


1. Pengelasan cair adalah cara pengelasan dimana sambungan dipanaskan sampai mencair dengan sumber panas dari busur listrik atau sumber api gas yang terbakar.
Contoh Aplikasi Pengelasan Cair :
- Las Busur
- Las Gas
- Las Listrik Terak
- Las Listrik Gas
- Las termit

2. Pengelasan tekan adalah pcara pengelasan dimana sambungan dipanaskan dan kemudian ditekan hingga menjadi satu.
Pengelasan tekan :
Contoh Las Resistansi Listrik
- Las Tekan Gas
- Las Tempa
- Las Gesek
- Las Ledakan

3. Pematrian adalah cara pengelasan diman sambungan diikat dan disatukan denngan menggunakan paduan logam yang mempunyai titik cair rendah. Dalam hal ini logam induk tidak turut mencair.
-Pembrasingan
- Penyolderan

Tips untuk bisa mengelas dengan baik

Bagi Anda yang ingin skill mengelas Anda meningkat bisa Anda coba mengikuti langkah berikut.
  • Program Pelatihan.
    Skill mengelas dapat ditingkatkan dengan mengikuti pelatihan juru las atau welder, ini merupakan cara yang paling efektif. Pelatihan ini tidak harus yang bayar, karena ada beberapa instansi pemerintah yang menyediakan pelatihan mengelas secara gratis.
  • Bekerja jadi helper tukang las.
    Jika tidak mempunyai skill sama sekali dapat diawali dengan menjadi helper tukang las, jika ada kesempatan Anda dapat mencoba mengelas dan saat bekerja dapat memperhatikan bagaimana tukang las tersebut mengelas. Dengan kebiasaan ini biasanya selang beberapa bulan/tahun helper ini akan menjadi tukang las.