Pengertian Pengelasan FCAW (Flux Cored Arc Welding) Adalah

Pengertian Pengelasan FCAW adalah Las busur listrik yang kawat lasnya terdapat fluk (pelindung inti tengah). Las FCAW adalah kombinasi antara proses pengelasan GMAW, SMAW dan SAW. Dalam pengelasan FCAW ini sumber energi menggunakan arus listrik DC atau AC yang diambil dari pembangkit listrik atau melalui trafo dan atau rectifier.

Pengelasan FCAW merupakan salah satu jenis las listrik yang proses kerjanya memasok filler elektroda atau kawat las secara mekanis terus menerus ke dalam busur listrik.
Las FCAW adalah
sumber : greenzone42arm.blogspot.com
Kawat las atau Elektroda yang digunakan untuk pengelasan FCAW terbuat dari logam tipis yang digulung cylindrical kemudian dalamnya diisi dengan flux yang sesuai dengan kegunaannya.

Proses Pengelasan FCAW ini sebenarnya sama dengan pengelasan GMAW, namun membedakan adalah kawat las atau elektrodanya yang berbentuk tubular yang berisi fluks sedangkan GMAW berbentuk Solid.
Kawat Las FCAW Tubular
Berdasarkan metode pelindung, Pengelasan FCAW dapat dibedakan menjadi 2:
a. Self shielding FCAW (Pelindungan sendiri), yaitu merupakan proses melindungi logam las yang mencair dengan menggunakan gas dari hasil penguapan atau reaksi dari inti fluks.
b. Gas shielding FCAW (perlindungan gas) adalah  perlindungan dengan dual gas, yaitu melindungi logam las yang mencair dengan menggunakan gas sendiri juga ditambah gas pelindung yang berasal dari luar sistem.

Dua metode di atas sama-sama menghasilkan terak las yang berasal dari flux dalam kawat las yang berfungsi untuk melindungi logam las saat proses pembekuan. Namun, perbedaan metode di atas terletak pada tambahan sistem pemasok gas dan welding torch (welding gun) yang digunakan.

Pengelasan FCAW berdasarkan cara pengoperasiannya dibedakan menjadi 2:
1. Otomatik (machine otomatik)
2. Semi otomatik (semi automatic)

Sifat-sifat utama (Principal features) yand dimiliki FCAW dalam proses pengelasan :
1. FCAW mempunyai sifat metalurgy las yang bisa dikontrol dengan pemilihan fluks
2. Las FCAW mempunyai produktivitas yang tinggi, karena dapat pasokan elektroda las yang kontinu
3. Saat pembentukan manik atau rigi rigi las yang cair dapat dilindungi oleh slag yang tebal

Pengelasan FCAW umumnya menggunakan gas CO2 atau campuran CO2 dengan Argon sebagai gas pelindung. Tetapi untuk menghindari logam las terkontaminasi udara luar atau menghindari porosity maka harus dilakukan pemilihan fluks yang mengandung mempunyai sifat pengikat oxygen atau deoxydizer.

Aplikasi atau Penggunaan utama Pengelasan FCAW :
1. Baja karbon  (carbon steel)
2. Pengerasan & pelapisan permukaan  (Steel hard facing and cladding)
3. Baja tahan karat  (Stainless steel)
4. Besi tuang (Cast Iron)
5. Baja karbon Alloy rendah  (Low alloy carbon steel)
6. Las titik baja tipis  (Sheet steel spot welding)

Demikian Pengertian pengelasan FCAW, semoga artikel di atas dapat membantu dalam mengerjakan tugas atau menambah ilmu Anda tentang Pengelasan FCAW. Semoga Bermanfaat.