Pengertian & Perbedaan Polaritas DCEN DCEP Pada Mesin Las SMAW Arus DC

Perbedaan Polaritas DCSP dan DCRP - Pengelasan pada mesin SMAW arus DC mempunyai dua polaritas, yaitu polaritas DCEN (Direct Current Elektroda Negatif) dan DCEP (Direct Current Elektroda Positif). Tentunya dua polaritas ini mempunyai perbedaan dalam aplikasinya di dunia Industri. Dalam bahasa Inggris polaritas DCEN juga disebut sebagai DCSP (Direct Current Straight Polarity) sedangkan polaritas DCEP DCRP (Direct Current Revers Polarity).

Pengertian Polaritas DCEN (Direct Current Elektroda Negatif) adalah benda kerja atau material yang akan dilas disambungkan dengan kutup positip (+) dan elektrodanya disambungkan dengan kutup negatif (-) pada mesin las DC.
Pengertian Polaritas DCEN DCEP
Polaritas DCEP
Pengertian Polaritas DCEP (Direct Current Elektroda Positif) adalah benda kerja atau material dasar yang akan dilakukan pengelasan disambungkan dengan kutup negatip (-) dan elektrodanya disambungkan dengan kutup positif (+) dari mesin las DC.

Perbedaan Polaritas DCEN (DCSP) dan DCEP (DCRP):

Polaritas DCEN

1. Busur listrik pada pengelasan stick welding bergerak dari elektrode ke material dasar sehingga tumbukan elektron berada di material dasar yang berakibat 2/3 panas berada di material dasar dan 1/3 panas berada di elektroda.
2. Pada polaritas DCEN menghasilkan pencairan material dasar lebih banyak dibanding elektrodanya sehingga hasil las mempunyai penetrasi yang dalam, sehingga baik digunakan pada pengelasan yang lambat, wilayah yang sempit dan untuk pelat yang tebal.

Polaritas DCEP

1. Busur listrik bergerak dari material dasar ke elektrode dan tumbukan elektron berada di elektrode yang berakibat 2/3 panas berada di elektroda dan 1/3 panas berada di material dasar.
2. Polaritas DCEP menghasilkan pencairan elektroda lebih banyak sehingga hasil las mempunyai penetrasi dangkal, serta baik digunakan pada pengelasan pelat tipis dengan manik las yang lebar.

Itulah Pengertian & Perbedaan Polaritas DCEN dan DCEP pada proses pengelasan SMAW arus DC. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda, baca artikel lainnya proses Pengelasan Las SMAW Listrik