Pengertian Pengelasan SAW (Submerged Arc Welding) Adalah

Pengelasan SAW (Submerged Arc Welding) - Pengertian Las SAW merupakan salah satu jenis pengelasan busur listrik dimana proses pengelasan ini adalah memanaskan dan mencairkan benda kerja dan logam pengisi atau elektroda oleh busur listrik yang ada diantara logam induk dan elektroda (logam pengisi).
Pengertian Las SAW Submerged Arc Welding
Mesin Las SAW
Pengelasan SAW ini menggunakan fluks yang bentuknya seperti pasir untuk melindungi logam pengisi yang mencair saat proses pengelasan agar tidak terkontaminasi dari udara luar sehingga menghasilkan las - lasan yang baik.

Proses pengelasan SAW ini tidak memerlukan tekanan. Untuk logam pengisi atau filler metal akan dipasok terus menerus secara otomatis selama proses pengelasan berlangsung. Elektroda SAW ini terbuat dari bahan metal padat atau solid.
Skema Pengelasan SAW
Prinsip Pengelasan SAW hampir sama pada proses pengelasan SMAW, namun fluks yang ada pada SAW berbentuk seperti pasir sedangkan pada SMAW elektrodanya diselaputi oleh Flux. Selain itu SMAW merupakan pengelasan Manual, sedangkan SAW merupakan pengelasan Otomatis.