Video Cara Belajar Mengelas Las Listrik SMAW Yang Baik dan benar

Teknik Cara Mengelas Las Listrik SMAW Dengan Benar - Mengelas merupakan suatu pekerjaan yang menyambung dua logam baik dengan menggunakan bahan tambah atau tidak. Namun untuk mengelas Las Listrik atau Las SMAW kita akan menggunakan bahan tambah yang juga menjadi elektroda. Karena las listrik atau las SMAW ini adalah pengelasan listrik dengan elektroda terumpan atau elektrodanya ikut mencair.

Cara Belajar Mengelas Las Listrik SMAW yang benar

Teknik atau cara mengelas dengan las listrik sangat banyak, ada yang model diayun elektrodanya, ada yang zigzag dan ada juga yang setengah lingkaran. Semua itu tergantung dari kemahiran atau keterampilan dari tukang las atau welder tersebut. Namun semua teknik prinsipnya sama, Anda harus mampu menjaga kestabilan antara kecepatan elektroda dan jarak elektroda terhadap material. Kalau untuk kecepatan itu sebesar 1,5 X Diameter Elektroda itu menurut teori.

Teknik Cara Belajar Mengelas Las Listrik setiap posisi berbeda beda, karena posisi pengelasan berbeda maka membutuhkan keterampilan yang lebih. Oleh karena itu setiap welder atau tukang las yang ingin terjun atau kerja di dunia Industri harus mengikuti sertifikasi atau pelatihan welder. Agar nantinya saat di dunia industri akan terbiasa dan mampu melakukan proses pengelasan dengan baik. Berikut ini Video cara mengelas Las Listrik atau las SMAW.

Video Cara Mengelas Las Listrik SMAW Posisi 3G :




Video Cara Mengelas Las Listrik di atas merupakan teknik belajar mengelas las listrik untuk Posisi 3G, atau posisi vertikal. Untuk pengelasan dengan posisi lainnya itu hampir sama, jika Anda sudah mempunyai sertifikat welder posisi 3G maka Anda akan diperbolehkan untuk mengelas posisi 2G atau 1G.

Untuk Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam belajar mengelas las listrik adalah mulai dari diameter elektroda, jika Anda menggunakan elektroda maka untuk penggunaan Amperenya Anda dapat melihat rekomendasi yang ada di box atau kardus dari elektroda tersebut. Selain itu kebersihan material, temperatur oven dan lamanya elektroda di oven itu juga harus diperhatikan, jika tidak maka dapat menyebabkan hasil lasan Anda kurang baik atau terjadi cacat las. Baca juga : Pengelasan Las Listrik Adalah