Fungsi Unsur Paduan Kimia Pada Pembuatan Baja

Fungsi Unsur Kimia Pada Pembuatan Baja - Dalam proses pembuatan Baja pasti diperlukan beberapa unsur paduan, tujuan penambahan unsur paduan ini adalah untuk mendapatkan sifat material yang kita inginkan atau mendapat kekuatan yang maksimal.
Beberapa unsur paduan yang biasanya digunakan dalam pembuatan baja adalah unsur mangan, nikel, silicon, chromium, tungsten dan beberapa unsur lainnya. Berikut ini Fungsi dari masing-masing unsur paduan untuk pembuatan baja.

Fungsi Unsur Paduan Kimia Pada Pembuatan Baja :


1. Fungsi Unsur Paduan Chronium
Tujuan penambahan unsur Chromium ini adalah untuk menambah sifat keuletan, kekerasan dan ketahanan material terhadap aus, sehingga material akan mempunyai sifat yang lebih baik.

2. Fungsi Unsur Paduan Silicon
Tujuan penambahan unsur paduan silicon adalah untuk meningkatkan sifat elastisitas material baja karbon, sehingga baja karbon yang mendapat penambahan unsur paduan silicon baik digunakan untuk material pegas.

3. Fungsi Unsur Paduan Nikel
Unsur paduan Nikel (Ni) mempunyai sifat yang akan membuat baja karbon menjadi lebih ulet, kuat dan paduan ini juga dapat mencegah baja karbon terhadap serangan korosi atau karat.

4. Fungsi Unsur Paduan Mangan
Unsur Paduan Mangan dapat membuat hasil produk baja akan menjadi lebih mengkilap dan bersih, selain itu paduan ini juga dapat membuat kekuatan dan ketahanan panas dari baja karbon tersebut dapat menjadi lebih baik.

5. Fungsi Unsur Paduan Tungsten
Unsur paduan Mangan tersebut dapat mempengaruhi baja Molybdenum karbon mempunyai sifat yang tahan terhadap temperatur tinggi, dan Vanadium tahan terhadap keausan dan mempunyai sifat yang ulet, sehingga baja karbon yang ditambahi unsur – unsur paduan tersebut sangat baik digunakan untuk baja potong cepat (HSS) dan roda gigi.

Itulah Beberapa macam unsur paduan yang biasanya digunakan untuk pembuatan Baja, semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan Anda tentang ilmu bahan.